Kamis, 28 April 2016

MAKALAH TENTANG GOOGLE

BAB I
PENDAHULUAN
A.     KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa Atas berkat rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyusun makalah ini tepat pada waktunya. Makalah ini berjudul “GOOGLE”. Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata pelajaran TIK dan untuk menambah wawasan mengenai tentang “GOOGLE”. Makalah ini berisikan tentang informasi Google dan diharapkan makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang Google.
Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.


B.     DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................................1
A.     Kata Pengantar.......................................................................................................1
B.     Daftar Isi..................................................................................................................2
BAB II PEMBAHASAN...................................................................................................................3
A.     Sejarah Google........................................................................................................3
B.     Macam – macam Pelayanan Google.....................................................................4
KESIMPULAN....................................................................................................................8
KERITIK DAN SARAN.....................................................................................................9
DAFTAR PUSTAKA..........................................................................................................10

BAB II
PEMBAHASAN
A.     Sejarah Google
Google Inc. (NASDAQ: GOOG dan LSE: GGEA) merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet dan iklan online. Perusahaan ini berbasis di Mountain View, California yang diciptakan oleh Larry Page dan Sergey Brin
dan memiliki karyawan berjumlah 19.604 orang (30 Juni 2008). Filosofi Google meliputi slogan seperti “Don’t be evil”, dan “Kerja harusnya menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan”, menggambarkan budaya perusahaan yang santai. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 4 September 1998
Larry Page – Lawrence Edward “Larry” Page (lahir di Lansing, Michigan, 26 Maret 1973) adalah salah satu pendiri dari mesin pencari internet Google dan saat ini adalah presiden produk pada Google Inc. Page adalah seorang lulusan dari East Lansing High School.
Sergey Brin – Sergey Mikhailovich (lahir di Moscow, Soviet Union, 21 Agustus 1973) adalah seorang pengusaha Amerika . Lahir di Rusia, Brin mempelajari ilmu komputer dan matematika sebelum mendirikan Google.

B.     Macam – macam Pelayanan Google
1.      Google Maps
Google Maps adalah layanan dari Google yang berpa peta globe virtual. Kita dapat melihat lokasi-lokasi yang belum pernah kita lihat melalui Google Maps ini. Google Maps dapat diakses melalui http://maps.google.com, jika Anda menginginkan Versi Desktopnya, Anda dapat mengunduh Google Earth.
2.      Gmail
Gmail merupakan layanan email gratis dari Google. Dengan fitur yang lengkap seperti POP3, SMTP, Video Chat, Call, SMS. Untuk menggunakannya bisa melalui http://gmail.com.
3.      Google Docs
Bagi yang bekerja dengan office dan pekerjaannya ingin dikerjakan bersama-sama dengan rekan yang berlokasi dibeda tempat, Google Docs adalah jawabannya. Google Docs merupakan layanan Google untuk membuat, mengedit, dan berbagi dokumen office (word, excel, powerpoint, form, dll) secara online. Untuk menggunakannya Anda harus memiliki Account Google. Untuk membukanya tinggal akses ke https://docs.google.com.
4.      Google Chrome
Merupakan sebuah browser dari Google yang menawarkan kecepatan dalam aksesnya. Google Chrome telah banyak dipakai oleh semua orang karena penggunaannya yang ringan dan tidak banyak memakan memori.
5.      Google Groups
Layanan Google sebagai media forum diskusi. Untuk dapat menggunakan layanan ini Anda harus memiliki Account Google. Untuk mengaksesnya dapat melalui http://groups.google.com.
6.      Google Translate
Bagi yang kurang mengerti bahasa asing, Google Translate adalah jawabannya. Dengan Google Translate Anda dapat menerjemahkan kata dan kalimat ke dalam bahasa lain di seluruh dunia. Untuk mengaksesnya Google Translate dapat melalui http://translate.google.com.



7.      Google Calender
Denagn Google Calender anda dapat mengatur jadwal anda maupun komunitas Anda sehingga dapat memudahkan untuk suatu acara. Google Calender dapat diakses melalui http://www.google.com/calendar/.
8.      Google Adsense
Layanan Google yang satu ini tentunya sangat disukai bagi kaum blogger. Google Adsense memberikan kemudahan bagi para blogger untuk mencari penghasilan tambahan melalui blognya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Google Adsense silahkan kunjungi situs resminya http://www.google.com/adsense/.
9.      Google Books
Dengan Google Books Anda dapat mencari Buku-buku dari yang terlama hingga terbaru. Google Books juga dapat dikatakan sebagai toko buku online milik Google. Tinggal akses saja ke http://books.google.com.
10.  Google Webmaster Tools
Google Webmaster Tools sangat cocok bagi anda pemilik web. Dengan Google Webmaster Tool anda dapat merawat dan mengelola web anda dari segi SEO (Seacrh Engine Optimation). Sehingga web anda dapat optimal dan friendly dengan mesin pencari Google.
11.  Google Adwords
Layanan dari Google yang menjadi jembatan bagi para pemilik produk atau situs untuk beriklan di jaringan Google AdSense. Di dalam Google Adwords juga terdapat Keyword Tool yang fungsinya untuk mencari dan menemukan keyword yang paling banyak dicari orang. Akses saja ke http://adwords.google.com.
12.  Google Plus (Google+)
Merupakan layanan terbaru dari Google, yaitu berupa jejaring sosial yang diluncurkan oleh Google. Saat ini Google plus telah beranggotakan lebih dari 20 juta pengguna. Dapat di akses melalui http://plus.google.com.
13.  Google Sites
Google Sites merupakan layanan dari Google yang memungkinkan Anda untuk dapat membuat web secara instan tanpa harus memikirkan kode program,sehingga tinggal memakai. Tinggal akses saja ke http://sites.google.com.


14.  Blogger.com atau Blogspot
Merupakan produk dan layanan dari Google yang digunakan untuk membuat blog secara gratis. Telah banyak yang telah menggunakan layanan blogger.com ini. Untuk mengaksesnya dapat melalui http://blogger.com atau http://blogspot.com.
15.  Google Drive
Google Drive ini berhubungan juga dengan Google Docs, karena file-filenya disimpan di layanan ini. Tidak hanya file google docs saja yg dapat disimpan dilayanan ini. Tetapi semua jenis file dapat di upload, baik itu zip, rar, flv, exe, dan lainnya. Layanan ini berkapasitas 5 GB untuk yang Free, kalo mau lebih ya yang berbayar. Layanan ini dapat diakses di http://drive.google.com.
16.  Google Play
Google Play merupakan salah satu layanan untuk gadget Android layaknya ‘Android Market’ dan mungkin dapat menggantikannya. Tidak hanya dikhususkan pada android, aplikasi maupun game pun dapat diakses menggunakan browser google (Google Chrome). Layanan ini dapat diakses di http://play.google.com.


KESIMPULAN
Google Inc. (NASDAQ: GOOG dan LSE: GGEA) merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet dan iklan online. Perusahaan ini berbasis di Mountain View, California yang diciptakan oleh Larry Page dan Sergey Brin.
Larry Page – Lawrence Edward “Larry” Page (lahir di Lansing, Michigan, 26 Maret 1973) adalah salah satu pendiri dari mesin pencari internet Google dan saat ini adalah presiden produk pada Google Inc. Page adalah seorang lulusan dari East Lansing High School.
Sergey Brin – Sergey Mikhailovich (lahir di Moscow, Soviet Union, 21 Agustus 1973) adalah seorang pengusaha Amerika . Lahir di Rusia, Brin mempelajari ilmu komputer dan matematika sebelum mendirikan Google.


KERITIK DAN SARAN


DAFTAR PUSTAKA
yamaniatsu.blogspot.co.id/2013/05/macam-macam-layanan-google-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar